Perkembangan Teknologi Seluler GSM


Teknology 1G (1980)
Adalah generasi pertama dalam perkembangan teknologi nirkabel. Teknologi ini pertama kali ditemukan pada tahun 1980 di Amerika Serikat. Teknologi ini memiliki kecepatan yang sangat rendah.
bisa dikatakan bahwa sistem teknologi nirkabel masih berupa sistem analog dengan suara sebagai objek utamanya. Adapun contoh teknologi 1G adalah NMT (Nordic MobileTelephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone), atau istilah yg biasa kenal Telpon rumah yg hanya bisa mentransfer suara.


Teknology 2G (1991)
Adalah generasi kedua dalam perkembangan teknologi nirkabel atau selular. Untuk teknologi 2 G, sudah mengalami perkembangan dari teknologi analog menjadi digital. Artinya adalah, teknologi 2 G sudah bisa melayani komunikasi teks (SMS) dan juga komunikasi suara (analog). Contoh dari teknologi 2 G adalah GSM (Global System for Mobile Communication) danCDMA (Code Division Multiple Access). Penting untuk diketahui bahwa GSM merupakan cikal bakal dari GPRS    pada teknologi 2.5 G.



Teknology 2,5G
Adalah teknologi peralihan antara 2G ke 3G. Teknologi 2.5 G sudah sangatlah jelas merupakan pengembangan dari teknologi 2 G. 2.5 G memberikan layanan kecepatan tinggi transfer data yang meliputi suara, sms dan data 114 kbps. Contoh dari teknologi ini adalah GPRS (Global Packet Radio Service) dan EDGE (Enhance Data rate for GSM Evolution) –beberapa sumber menyebutkan EDGE masuk kepada golongan 2.75 G, red- pada domain GSM, serta PDN (Packet Data Network) pada domain CDMA. GPRS sendiri memiliki kecepatan maksimal hingga 50 kbps, sedangkan EDGE mampu menyentuh angka 150 kbps

 
Teknology 3G

Adalah teknologi generasi ketiga yang merupakan standar yang telah ditetapkan oleh International Telecommunication Union(ITU) untuk diaplikasikan pada jaringan telpon selular. Handphone –Handphone 3G pada umumnya memiliki dual camera depan dan belakang.
Kelebihan 3G :
- Memiliki Kecepatan akses Data 384kbps
- Bisa melakukan video call
Handphone-handphone yg  sudah menggunakan teknologi 3G ditandai dengan munculnya sinyal 3G diBar sinyal dikanan atas.



Teknology 3,5G

Merupakan penyempurnaan dari teknologi sebelumnya yaitu teknologi 3 G, terutama berupa peningkatan kecepatan transfer data yang lebih baik hingga mampu mencapai kecepatan lebih dari 7,2 mbps, sehingga mampu untuk melakukan transfer komunikasi multimedia seperti akses internet ataupun bahkan bertukar video. Contoh dari teknologi ini adalahHSDPA (High-Speed Downlink Packet Accessdan WiBro (Wireless Broadband)
Kelebihan 3,5G
-  Akses data hingga 7,2 mbps



Teknology 4G
Adalah merupakan penyempurnaan dari teknologi 3,5G, yaitu terutama dalam peningkatan transfer data  yang lebih baik hingga 21mbps, teknology ini lebih dikenal dengan nama HSPA+ (High Speed Packet Acces +).
Teknologi 4G diTelkomsel sendiri sudah diterapkan untuk pengguna data di Kartu Halo, untuk paket internet kartu Halo yang menggunakan paket Volumebase disediakan kecepatan maksimal 21mbps hanya tersedia dikota2 besar untuk saat ini hanya diJakarta, untuk kecepatan paket Unlimited kartu halo hanya disediakan sampai 14,4mbps.


  
Hal-Hal yg mempengaruhi Kecepatan Jaringan:
  • Kapasitas kecepatan jaringan yg disediakan diwilayah tersebut(GPRS/3G/HSDPA/HSPA+)
  • Kecepatan yg tersedia diperangkat seperti Hp/Modem
  • Jarak dan halangan antara penelpon dengan BTS
  • Banyaknya orang yang menggunakan jaringan diwilayah tersebut.



0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Pengikut