Mengendalikan Komputer Dari Jarak Jauh Dengan TeamViewer


Berawal dari pemberitahuan teman, kali ini saya mendapat ilmu tentang mengendalikan komputer dari jarak jauh. Jika teman-teman punya banyak komputer di beberapa tempat berbeda tetapi mempunyai sambungan ke internet, maka tool ini sangat berguna untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh, transfer file ataupun presentasi. Atau jika dirumah punya komputer yang tersambung dengan internet dan ingin memantau secara ‘realtime’ apa yang sedang dilakukan oleh pengguna komputer kalian, sekarang tidak perlu repot belajar tentang vpn, jaringan, tunneling dan sebagainya. Cukup install tool kecil bernama Team Viewer di komputer, tool ini harus diinstal di kedua komputer baik yang akan dikontrol maupun komputer pengontrol, dengan tool ini semua komputer dapat berfungsi sebagai client maupun server, cukup dengan 1 kali instalasi.

Namun yang saya bahas disini adalah Tiem Viewer portable dan kalian bisa download di http://www.teamviewer.com/en/download/index.aspx 

Fitur utama TeamViewer adalah:
  1. Remote Support
  2. Presentation
  3. File Transfer
  4. VPN
Yang sering saya gunakan hanya Remote Support (akses PC Klien melalui jalur internet), fitur/manfaat TeamViewer yang satu ini sangat membantu jika kita perlu mengakses PC yang jauh dari posisi kita sekarang, karena cukup terkoneksi internet dan mengetahui ID serta Password PC tersebut dalam hitungan detik kita sudah bisa akses PC itu secara remote seperti kita ada di depan PC tersebut secara langsung. Selain fungsi remote desktop, manfaat lain yang sering saya gunakan adalah "File Transfer" daripada berkirim file lewat email saya lebih pilih menggunakan teamviewer, karena bisa melakukan copy file langsung ke direktori yang kita inginkan.

Syarat utama untuk dapat mengunakan TeamViewer adalah:
  • Install TeamViewer di kedua PC yang akan melakukan koneksi secara remote (versi sama)
  • Koneksi internet sudah tersambung
  • Masukan ID dan password PC yang akan diremote. ID dan Password dapat menggunakan mode dynamic maupun ditentukan sendiri, tergantung kebutuhan saya biasa menggunakan kedua duanya tergantung situasi.
Berikut cara penggunaannya:
  • Double Klik ada file Installer Teamviewer
  • Setelah form instalasi muncul sebelum anda klik tombol "Next" pada bagian Usage pilih Run
  • Setelah itu muncul kotak dialog

  • Setelah itu masukan ID komputer lain dan kalian bisa pilih kontrol jarak jauh, transfer file, vpn, tau persentasi
  • Setelah memasukan ID dan pilih kontrol jarak jauh maka akan muncul kotak dialog

  • Masukan password ID komputer lain dan Log On (Koneksikan Mitra)
Jika ingin menjalankan TeamViewer pada jaringan lokal (LAN) maka anda tinggal masukan IP komputer lawan, tentu saja dengan catatan pada PC lawan TeamViewer sudah aktif dan jangan lupa Set (Incoming LAN connection) menjadi accept

(http://kamar360.blogspot.com)

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Pengikut