Penyebab Rusaknya Harddisk


Hard disk merupakan salah satu media penyimpan data pada komputer yang terdiri dari kumpulan piringan magnetis yang keras dan berputar, serta komponen-komponen elektronik lainnya. Hard disk menggunakan piringan datar yang disebut dengan platter, yang pada kedua sisinya dilapisi dengan suatu material yang dirancang agar bisa menyimpan informasi secara magnetis. Platter-platter tersebut disusun dengan melubangi tengahnya dan disusun pada suatu spindle. Platter berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi yang dikendalikan oleh spindle motor yang terhubung pada spindle. Alat elektromagnetik baca tulis khusus yang bernama head terpasang pada slider dan digunakan untuk menyimpan informasi ke dalam piringan atau membacanya. Slider terpasang di atas arm, yang kesemuanya terhubung secara mekanis pada suatu kumpulan tunggal dan tersambung pada permukaan piringan melalui suatu alat yang disebut dengan actuator. Selain itu ada juga logic board mengatur aktifitas komponen-komponen lain dan berkomunikasi dengan PC.

Beberapa hal yang menyebabkan rusaknya hardisk, diantaranya:
1. Listrik
    Jika keadaan listrik ditempat komputer/laptop anda sering terjadi gangguan, yaitu tegangan yang sering naik turun, bahkan sering drop. Disarankan untuk menggunakan UPS atau setidaknya Stabilizer, agar aliran listrik yang masuk ke komputer anda menjadi stabil terlebih dahulu, hal ini dikarenakan komponen yang ada didalam komputer anda adalah komponen yang sensitif, jadi perubahan pada arus kelistrikan yang masuk akan berbahaya, termasuk terhadap Harddisk anda.Tapi untuk kasus rumah yang listriknya sering terjadi drop saya sarankan gunakan UPS, karena saat listrik tiba-tiba drop, anda punya waktu untuk melakukan safe power off, sehingga harddisk akan tetap aman.

2. Reset
    Jika bisa janganlah kita menekan tombol reset pada CPU dan jangan menganggap hal ini sepele, karena hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan harddisk. Alasannya yaitu ketika harddisk kita sedang bekerja, maka jarum harddisk akan terletak pada posisi tengah-tengah piringan harddisk. Jika kita menekan tombol reset, maka jarum akan dengan tiba-tiba secara langsung bergerak ke tepi piringan dan akan kemungkinan besar dapat meninggalkan bekas goresan pada piringan harddsik, dan inilh yang disebut BAD SECTOR. Tips jika seandainya komputer tiba-tiba hang dan tidak ada jalan lain selain menekan tombol reset, tunggulah sampai lampu harddisk (biasanya yang berwarna merah) mati, walaupun menyala berkedip-kedip, tekanlah tombol reset saat lampu harddisk sedang  mati/tidak menyala.
3. Panas dari Harddisk itu sendiri
    Hardisk yang digunakan secara terus-menerus dan ditambah dengan sistem pendingin yang kurang, dapat menyebabkan terjadinya overheating atau panas yang melebihi batas normal. Disarankan menggunakan pendingin hardisk dalam hal ini kipas kecil untuk Harddisk. Harganya tidak seberapa bahkan bisa dikatakan cukup murah (sekitar 5 – 35 rb).

Namun diantara 3 penyebab tersebut, ada beberapa penyebab lain diantaranya :
1. Adanya medan magnet disekitar Harddisk, hal ini dikarenakan komponen utama Harddisk juga adalah bahan yang mengandung medan magnetis,
2. Jatuh dari ketinggian, hal ini dapat menyebabkan bergesernya piringan-piringan magnetis Harddisk bahkan bisa patah,
3. Melakukan multiple download dapat memperpendek umur Harddisk karena saat itu putaran piringan Harddisk makin cepet maka Harddisk akan cepat panas.

(http://www.muchlis.net, http://dicahideto.wordpress.com)




0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Pengikut